Latest Post

Monday 2 December 2013

Menjaga Kebersihan Lingkungan


Kebersihan adalah keadaan bebas dari segala kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern sekarang, bukan itu saja yang dihadapi oleh masyarakat, namun ada bebrapa penyebab dari kurang terjaganya kebersihan lingkungan sehingga menyebabkan timbulnya penyakit. Baik bakteri, virus akibat dari sisa bahan-bahan kimia yang dikonsumsi sehari-harinya.

Kita perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak berbau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri mahupun kepada orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, gosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.
Namun, tidak semua masyarakat menyadari bahwasanya kebersihan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Masih banyak yang beranggapan kebersihan merupakan hal yang sepele. Contoh yang kecil, seperti pembuangan sampah sembarangan. Hampir rata-rata kebanyakan masyarakat bisa dibilang tidak peduli terhadap lingkungannya khususnya yang berada dipedalaman perdesaan.
Hal demikian yang saya temui di daerah sekitar pantai Alue Naga yang tidak tau menau masalah kebersihan lingkungan merka sendiri. Padahal, saat ditanya tentang kebersihan lingkungan itu sendiri. Mereka beranggapan memang kebersihan merupakan hal yang terpenting untuk dijaga kelestariaan kebersihannya. Namun, kenapa masih ada masyarakat yang membuang samapah sembaranagan?...


Lucunya lagi, disaat ada pihak-pihak tertentu yang mencoba melakukan tindakan untuk menjaga keberihan lingkungan setempat, seperti membuat sebuah peringatan pamplet bertuliskan seperti gambar disamping, masyarakat setempat memang tidak membuang sampah pada tempat yang sudah diperingatkan untuk tidak membuang samapah sepanjang pasar ini. Tetapi, mereka membuangnya disamping tempat peringatan untuk tidak membuang sampah tersebut. Memang jika kita memaknai secara cover dari peringatan teresbut, memang tidak ada larangan untuk membuang sampah sembarangan disampingnya, yang dilarangkan sepanjang jalan! (ckckckc… becanda)
Untuk menjaga kebrsihan, Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan menggunakan air dan sejenis sabun atau detergen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan penyakit  virus, bakteri, batuk dan lain-lain. Diharapkan kepada seluruh pihak, untuk bekerja sama saling mengingatkan betapa pentingnya kebersihan untuk menjaga kesehatan masyarakat menuju  masyarakat yang madani. Bukan berarti jika adalah seseorang pemerintahan, maka dia tidak ikut andil untuk bekerja sama. Semuanya harus bersatu untuk saling topang menopang tidak mengenal instansi-instansi tertinggi, semua berhak untuk berpartisipasi dan bertindak untuk mewujudakan kebersihan lingkungan yan aman tentran dan damai. Memulai dari hal yang terkecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

No comments:

Post a Comment