Latest Post

Sunday 8 March 2015

Tindakan Sosial : Max Weber

Tindakan sosial merupakan suatu bentuk tindakan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok yang saling kait mengkait dan saling mempengaruhi satu sama lain. Terjadinya komunikasi dua arah dan saling menyebabkan suatu sebab dan akibat.

Tindakan sosial menurut max weber ada empat tindakan. Yaitu :
  • Tindakan Instrumental
Tindakan afektif ialah suatu bentuk tindakan yang ditandai dengan adanya suatu bentuk materil sebagai salah satu tolak ukur suatu tindakan yang terjadi.Contohnya : Orang yang berlomba dalam suatu event dalam hala karya cipta. Lomba robotik misalnya. Suatu tindakan yang ada bentuk materilnya.
  • Tindakan Religi
Tindakan religi ialah suatu tindakan yang yang ditandai dengan adanya suatu bentuk tindakan yang didasari dari nilai-nilai yang bersift sakral (Ketuhanan). Contohnya : Orang yang melakukan ibadah. Tindakan yang dilakukan karena seruan dari nilai ketuhanan.
  • Tindakan Tradisional
Tindakan tradisional ialah suatu bentuk tindakan yang ditandai dengan adanya suatu bentuk tindakan didasari dari suatu hal yang bersifat irasional. Dan ladzimnya sering kita jumpai pada masyarakat pedesaan. Sutu tindakan yang berdasarkan adat-istiadat dalam suatu daerah. Contohnya : Masyarakat yang melakukan syukuran pada akhir tahun panen (pertanian) dalam sebuah desa. Ditambah dengan alat sistem korelasi diantaranya dengan hal-hal yang berbau misitik.

  • Tindakan Afektif
Tindakan afektif ialah suatu bentuk tindakan yang ditandai biasanya dengan suatu bentuk perilaku individu maupun kelompok yang lebih menonjolkan pada bentuk tindakan yang secara emosional. Lebih memperlihatakan suatu hal yang abstrak dengan tindakan yang relatif pada suasana emosi. Contohnya : Sekumpulan orang yang sedang menyaksikan suatu pertandingan sepak bola misalnya. Dan team kesayangannya yang sedang bertanding mengalami kekalahan. Dan reakasi diantaranya menghasilkan suatu tindakan emosional sedih karena melihat team kesayangannnya kalah.

No comments:

Post a Comment