Latest Post

Monday 16 February 2015

Peran dan Fungsi Mahasiswa | Secara Umum


Jika ada kata MAHASISWA. Maka yang paling diingat dibenak kita ialah pada masa lengsernya pemerintahan Presiden Soeharto. Dimana pada masa itu MAHASISWA seluruh Indonesia bersatu melengserkan pemerintahan orde baru ke masa Reformasi.

Adapun peran fungsi mahasiswasecara umum ada tiga. Yaitu :
  • Iron stock (Generasi Penerus)
 Dalam Hal ini mahasiswa dikatakan sebagai generasi regenari yang secara terus menerus berbentuk siklus menyikapi perubahan. Yang akan menjadi aktor yang akan terus mengulang menciptakan genarasi setelahnya.
  • Agent of change (Aktor Perubahan)
Dalam hal ini kaitannya dengan steatment awal diatas. Mahasiswa akan sebagai agen perubahan melihat segala sesuatunya yang memang pantas untuk dipertahankan atau perlu direkronstruksi ulang. Mahasiswa sebagai aktor yang paling depan melakukan perubahan itu sendiri.
  •  Social Control (Aktor Pengontrol)
Dalam hal ini lanjutan dari Social Control (Aktor Perubahan). Dimana diawal sebagai aktor yang paling depan akan merubah sesuatu keadaan yang memang diperlukan. Dari hal inilah akan adanya analisa sebagai mahasiswa yang intelektual memadukan dari tindakan yang realisasinya pantas maka embanan sebagai aktor pengtrol keluh sosial masyarakat yang terpenuhi. Jika tidak berbanding lurus dengan tindakan. Maka akan dikaji ulang sebagai bahan pertanggungjawaban. Dengan asumsi yang diharapkan adanya perubahan sosial yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment