Latest Post

Monday 22 September 2014

ANALISIS : Populasi 2050 | Demografi

Highlights

Penduduk Indonesia menduduki posisi ke empat terbesar di dunia setelah RRC (Republik Rakyat China, India dan Amerika. Laju pertumbuhan di dunia terus meningkat drastis dalam kurun priode tertentu.

Penduduk di Bumi menyentuh angka satu miliar orang pertamanya pada tahun 1800. Sedangkan untuk satu miliar keduanya hanya dalam kurun waktu 130 tahun, dan satu miliar ketiganya dalam kurun waktu 30 tahun. Dan yang paling mencengangkan ialah satu miliar terakhirnya hanya dalam kurun waktu 12-13 tahun. Sungguh peledakan penduduk yang sangat mengkhawatirkan jika melihat kondisi daya tampung dari Bumi itu sendiri.

Analisis 

Melihat dari data diatas, analisis saya mengenai peledakan penduduk kedepan, tepatnya pada tahun 2050. Penduduk Bumi yang jika akan mencapai 10,6 miliar populasi. Maka, perlu upaya nyata untuk mengatasi laju pertumbuhan penduduk tersebut. Menimbang, daya tampung bumi pada tahun 2050 nantinya Bumi hanya mampu menampung empat (4) miliar saja. Namun, melihat kondisi peledakan penduduk yang terjadi dewasa ini. Jika dipikirkan secara spontan maka kita membutuhkan tiga (3) Bumi lagi untuk menampung populasi yang lain. Mungkin hanya demikianlah yang sangat real dalam sikap yang diambil melihat pertumbuhan penduduk yang terjadi namun sangat-sangat tidak rasional.

Menurut dari hasil analisis saya, jika melihat latar belakang permasalahn kondisi dan situasi peledakan penduduk yang terjadi setiap tahunnya ada beberapa upaya yang dapat dilakukan. Diantaranya ialah  degan upaya pengendalian jumlah dan pertumbuhan penduduk, dengan cara :
  • MENEKAN ANGKA KELAHIRAN. Upaya yang dapat dilakukan dengan cara pembatasan usia perkawinan muda. Saya melihat latar belakang masalah meledaknya kependudukan juga salah satunya tidak terkontrol nya usia pernikahan muda yang menyebabkan dalam satu keluarga tersebut dapat memproduksi keturunan.
  • PENGENDALIAN ANGKA KELAHIRAN. Upaya yang dapat dilakukan dengan cara pembatasan jumlah kelahiran setiap keluarga minimal dua (2).
Kesimpulan

 Kesimpulan dari analisis saya dalam upaya mengatasi populasi pertumbuhan penduduk fokus tahun 2050 iala ada dua.
  1. Menekan Angka Kelahiran
  2. Pengendalian Angka Kelahiran
TAMBAHAN :

Namun, jika menelaah secara dalam lagi, sebagian penyebab pertumbuhan penduduk yang terjadi dipengaruhi latar belakang pendidikan nya. Jika ia seorang akademis dan orang yang sudah memasuki zona modernitas. Maka untuk keturunan agak kurang jadi fokus perhatian. Karena biasanya orang yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi dan modern biasanya lebih mengutamakan karir dalam kehidupannya.

Analisis : Prof. Dr. H. Aryawan Bancin El-Asro, S.Sos., S.Sosio., M.A., M.Hsc., P.hD Alias Aryawan Bancin El-Asro

No comments:

Post a Comment