Latest Post

Tuesday 3 December 2013

Jakarta : Aku dan Mesjid Istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan masjid negara Indonesia, yaitu masjid yang mewakili umat muslim Indonesia. Karena menyandang status terhormat ini maka masjid ini harus dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia sekaligus menggambarkan semangat perjuangan dalam meraih kemerdekaan. Masjid ini dibangun sebagai ungkapan dan wujud dari rasa syukur bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam, atas berkat dan rahmat Allah SWT yang telah menganugerahkan nikmat kemerdekaan, terbebas dari cengkraman penjajah. Karena itulah masjid ini dinamakan "Istiqlal" yang dalam bahasa Arab berarti "Merdeka". (http://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Istiqlal)

Pada tulisan ini merupakan tulisan yang sebenarnya yang paling menarik bagi saya pribadi. Bagaimana tidak, Saya Aryawan Bancin mahasiswa universitas syiah kuala yang sedang menggeluti displin ilmu di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Sosiologi, merupakan sosok pemuda kampung dari Kota Subulussalam tepatnya di desa  Buluh Duri KM 11 bisa menapakkan langkah kakinya di ibu Kota Jakarta kota metroplitan nomor satu di negara Indonesia tercinta.

Terlebih lagi ketika kaki ini melangkah menyusuri padatnya aktifitas penduduk ibu kota, ketika kala waktu itu pula terdengar dering pengingat masuknya waktu shalat maghrib di Handphone Blackberry sederhanaku yang menemani dan membantu komuniasi degan para sahabat menandakan waktunya shalat maghrib untuk daerah jakarta dan sekitarnya. Dan ku melangkah melaksanakan shalat maghrib berjema'ah di mesjid Istiqlal yang merupakan mesjid kebanggaan seluruh rakyat indonesia  mesjid terbesar di Indonesia. Dan tidak tanggung-tanggungnya, mesjid Istiqlal ternyata merupakan mesjid Terbesar di belahan Bumi Asia Tenggara. Sebuah kebanggan yang amat besar bagi saya pribadi bangga menjadi rakyat INDONESIA.

Perjalanan jejak kecil ini tidaklah sendiri, namun ditemani dengan abang-abang leting di masa SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam dulu oleh Bang Yusri Kombih dan Bang Rezim alias Agam Reza Firandi. Begitulah cerita ini dimuat Allah dalam arsip kehidupan saya. Bisa silaturahmi dengan abang-abang ini. hahahhaha..... :D

Semoga bisa menginspirasi para sahabat.
meski itu sebuah isnpirasi kecil :)

Moment : 03 Desember 2013 di Mesjid Istiqlal Jakarta

No comments:

Post a Comment