Latest Post

Tuesday 17 February 2015

Peran dan Fungsi Mahasiswa Sosiologi

Peran dan fungsi mahasiswa sosiologi

  • Ahli riset - Penelitian  (Social Riset)
Mahasiswa sosiologi yang akan ranahnya  di publik. Maka sudah sepantasnya merealisasikan/abdi daya guna dari pengetahuannya dibidang sosial. Untuk hal ini perlunya ikut seta yang kongrit melakukan riset penelitian dibidang sosial. Baik mengenai suatu fenomena-fenomena yang hadir ditengah masyarakat, kesejahteraan, kemiskinan dan lain-lainnya.
  • Konsultan kebijakan - Memberi ide
Dalam hal ini. Peran mahasiswa sosiologi sebagai konsultan kebijakan. Menawarkan hal baru atau memberikan suatu resolusi untuk kebijakan publik.
  • Teknisi Sosial - Pengatur keadaan
Teknisi Sosial disini bukanlah seperti mahasiswa teknik. Dimana maksud dari teknisi sosial disini ialah sebagai pakar analisis terdepan melihat suatu struktur masyarakat yang perlu diekronstruksi atau memberikan konsep baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat melihat dari kehidupan sosial masyarakat itu sendiri.
  • Pendidik - Pengajar
 Dalam hal ini menurut saya sudah sangat jelas. Selain mahasiswa sosiologi yang berperan seperti diatas. Mahasiswa sosiologi peranannya dalam pendidikan untuk mentransfer semua pengetahuan sosial yang ada kepada generasi-generasi selanjutnya.
  • Pekerja Sosial (Social Worker)
Pekerja sosial dimaksud disini ialah mahasiswa sosiologi yang memang belajar tentang dinamika kehidupan realita dalam masyarakat. Sudah sepantasnya dan sudah pasti tau bagaimana permasalahan-permasalahan yang ada pada masyarakat. Dan disini kepekaan seorang mahasiswa sosiologi akan diuji sejauh mana

No comments:

Post a Comment